SELAMAT DATANG MAHASISWA D3.IX SELAMAT BELAJAR KEMBANGKAN DAN ASAH KEMAMPUANMU DISINI.. DI STTAL..

Thursday, December 13, 2012

Jokowi: 30 Tahun Jadi Sales, Sudah Biasa "Blusukan"


JAKARTA, KOMPAS.com — Joko Widodo tidak merasa kesulitan keluar masuk kampung selama menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Dia mengaku sudah biasa melakukannya selama 30 tahun saat menjadi sales.

Dengan pengalamannya sebagai sales, Jokowi tak sungkan atau gengsi mengetuk langsung pintu warganya. Malah, dengan door to door, dia bisa mengetahui kondisi warga Jakarta yang berada di daerah "bermasalah".

"Tiga puluh tahun saya pernah menjadi sales. Jadi, saya sudah terbiasa dari pintu ke pintu (blusukan)," kata Jokowi saat menerima penghargaan sebagai Marketeer of the Year untuk kategori Government 2012 di Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (13/12/2012).

"Dengan personal branding yang dibangun, setelah Jokowi-nya dikemas dengan kotak-kotak, kalau yang lainnya menjualnya di dalam ruangan dan di panggung, kalau Jokowi, dijualnya langsung di lapangan, ke kampung-kampung," tutur Jokowi, disambut tawa dan tepuk tangan para hadirin.


Pada kesempatan itu, Jokowi juga mengaku banyak belajar dari Founder and CEO Markplus, inc Hermawan Kartajaya, mengenai masalah produk, positioning, personal brand, dan promosi. Ilmu itu kemudian diterapkannya di dunia politik.

Hal ini bisa dilihat dari branding kemeja kotak-kotak Jokowi yang digunakannya bersama Basuki Tjahaja Purnama saat Pilkada DKI Jakarta. "Akhirnya, dari awal sampai akhir, saya melakukan itu, mulai dari positioning, membangun menggunakan kotak-kotak, diferensiasi, dan dibangun personal brand, image, dan persepsi yang ada di masyarakat," tutur Jokowi.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan